Tuesday, April 9, 2013

Felt Crafter Profile 3: Linda Sari (ndandut)


Haloo...
Profil crafter kita kali ini adalah Linda Sari
Pasti kenal kaan... :)

Admin beberapa waktu lalu berkesempatan untuk mewawancarai beliau.Yuk,simak hasil obrolannya.

Linda Sari ini crafter yang tinggal di Bandung. Usia 26 tahun menuju 27 tahun. Cewek satu ini punya hobi membaca, jalan-jalan,belanja, dan nge-blog. Pendidikan terakhirnya  di Teknik Fisika ITB angkatan 2004. Wow anak teknik ini  nyasar jadi crafter :D :D ini pengakuannya lho. Kegiatannya sekarang adalah sebagai  fulltime crafter. Dia juga mengikuti komunitas craft Bandung. Pokoknya hampir seharian cuma buat kehidupan pribadi & craft.


Linda pertama kalo kenalan sama felt/flanel tuh awalnya gimana?
Waktu itu lagi liburan semester, ditinggal orang tua sebulan, jadi bengong . Trus main ke toko buku , nemu buku flanel "Boneka Tari Adat Indonesia"  karangan Indira dan tertarik beli deh . Waktu itu Saya tau flanel, tapi cuma sebagai konsumen aja, gak niat bikin, karena tau diri gak bisa jait apapun. dengan modal nekat Saya langsung buat boneka tari adat dan hasilnya? ancur banget :D tapi itu yang bikin Saya semangat, karena ternyata mengkreasikan flanel itu gak gampang. 
Dengan modal Rp100.000,- (sudah termasuk buku) , Saya mulai hobi ini (sebelumnya Saya hobi merajut). Teman2 yang liat karya Saya menganjurkan untuk menjual produk. Saya coba di lingkungan internal kampus. Via web internal, Saya perkenalkan karya Saya. Padahal waktu itu saya baru bikin 5 pcs. Gak taunya banyak yang request ini itu padahal saya masih pemula sekali, tapi saya coba dan itu yang membuat saya berkembang . 
Dari modal Rp100.000,- itu terus saya putar sampai sekarang. Alhamdulillah masih bertahan sampai saat ini  dan jadi penghasilan utama saya 



Kreasi apa aja nih yang udah Linda buat trus yang jadi andalan and jadi "ndandut" banget  kreasi yang mana?
Waaah... dihitung dari mulai belajar pas akhir tahun 2007, macam-macam kreasi yang dibuat. Mulai dari boneka miniatur, hewan2an, miniatur makanan, softbook,bunga,  sampe mahar berboneka juga pernah.
Kalo kreasi yang jadi andalan ya boneka miniatur dan pengantin dooong :) apalagi jaman dulu belum ada yang bikin kayak gini. Walaupun sekarang udah banyak yang jual, saya tetep bertahan karena dasarnya emang suka.  Oia lolligirls juga jadi salah satu kreasi andalan juga :D




Media berkreasi itu kan banyak, kenapa Linda milih felt?
Saya jatuh cinta tepatnya sama felt :D Saya termasuk orang yang gak suka ribet. Paling males ketemu kain yang sisi2nya harus dilipat, di obras dll biar gak brudul.  Flanel itu warnanya beragam, cantik, dan ga susah diaplikasikan. Memang banyak yang bilang kalau flanel itu bahan yang gak tahan lama, brudul dsb . Padahal kalo kita bisa kenalan sama karakter kain ini, bisa kok tahan, dan pinter2nya kita buat mikirin fungsinya supaya tetap awet. Rajin2 hunting bahan flanel, jadi bisa deh bedain mana flanel yang bagus en mana yang engga. flanel juga limbahnya sedikit sekali, asik jadinya. 

Selama ngejalanin kegiatan apapun atau rutinitas pasti donk ada rasa jenuhnya. Gimana cara Linda mengatasi kejenuhan?
Karena gak jarang saya berkutat dengan flanel lebih dari 12 jam,  saya harus sering2 refreshing, kalo engga, ngebul nanti :) Macem2 sih yang bisa bikin seger lagi . pergi jalan2  , main ke coffee shop sambil cari insprorasi , main ke toko buku, berenang, ketemu temen2, coba ikut kursus craft,  nulis, atau yang paling gampang, blogwalking buat cari inspirasi dan semangat.


Kalo suka dukanya jadi felt crafter apa aja?

Dukanya:
Mulai dari yang plagiat, copas foto, banting harga ,dijelek2in, dll pernah saya rasain . Tapi yang sebenernya paling sulit itu ijin dari orangtua. Orang tua saya gak setuju saya kerja sebagai crafter karena dianggap ga sesuai dengan pendidikan saya, dan mereka mengira gaji yang saya dapat itu sedikit sekali . Tapi alhamdulillah, akhirnya setelah beberapa tahun bujukin, dapet juga ijinnya:)  en kerja jadi jauh lebih mudah.
Duka yg lainnya, rumah saya jauh dari mana2, jadi susah banget kalo mau belanja bahan, harus siapin satu hari khusus buat beli bahan . Apalagi sekarang Bandung macetnya ampun2an, kalo gak berangkat pagi banget, siap2 terjebak berjam-jam.
Banyak yang ngira kalo kreasi flanel itu harus murah.padahal ibarat arang & berlian , 2 benda yang sama2 terbuat dari karbon, tapi harganya jauh berbeda . Begitu juga dengan kreasi flanel . Banyak yang bilang kalo flanel itu bahan murah yang mudah rusak, padahal perbandingannya itu kreasi yg sangat sederhana dibandingkan kreasi rumit yang dibuat berhari2, jelas jauh nilainya. karena itu, saya harus sabar jelasin ke orang2 prosesnya, dan sekarang saya mulai menggunakan flanel yang lebih mahal, biar orang gak punya alasan bilang bahannya murah . sejauh ini berhasil, kalo pembeli udah tau "susah"nya, bakal ngerti en terima harga kreasi saya :)


Sukanya:
Saya bisa dapat teman2 baru, dari berbagai latar belakang dan cerita masing2. Sharing ilmu & cerita, gak jarang dari teman baru ini ada tips, info tempat belanja, dll. dari ketemu temen2 baru saya dapet info bazaar, dan akhirnya bisa aktif di komunitas craft. Dapat suasana baru, sering diajak bazaar rame2, kenal berbagai tempat & karakter manusia, seru banget. Dan pastinya dapat ilmu baru,  rasanya gak habis2nya ilmu yang bisa saya pelajari, cuman buat flanel aja rasanya belum beres2 juga  belajar.

Banyak banget deh suka dukanya, rasanya duka2 gampang hilang karena banyak suka nya :)


Ada gak cita2 atau target Linda yang belum kesampean?
  • Pengen deh suatu hari ikut Renegade Craft Fair. Duluuu banget, target saya pengen ikut crafty days  tobucil, trus naik jadi pengen ikut di pasar seni ITB, trus naik lagi jadi pengen ikut Inacraft . semuanya udah dan akan di 2013 ini, jadi waktunya set target yang lebih tinggi lagi, Renegade Craft Fair . gapapa lah ya cita2 dulu, siapa tau bisa kesampaian :p
  • Lanjut sekolah craft (craft loh ya,, bukan art  ) 
  • Pengen berbagi. pengennya suatu hari jadi guru tamu buat ngajar craft di sekolah . pengen juga ngasih pelatihan2 gratis ke desa2 biar ibu2nya bisa lebih produtif 
  • Memperkenalkan craft ke orang2 sekitar . Ini lho craft, ini lho handmade, ga bisa disamain sama pabrikan, ini lho kelebihannya ,, dll 
  • Pengen bisa pake mesin jahit 


Pertanyaan terakhir nih :D Ada pesan2 atau tips untuk teman2 FlanelQta?
Buat teman2 yang berminat menjadikan hobi flanelnya sebagai ladang pendapatan, selalu ingat bahwa semuanya gak segampang yang terlihat ,tapi gak sesusah yang dibayangkan. Jangan berhenti belajar, ini penting. selalu usaha buat meningkatkan kualitas, belajar bersosialisasi ( karena banyak manfaat bersosialiasi) , selalu berada di jalur ya benar, jangan gampang nyerah . dan pastikan semuanya sesuai etika .
ngerasa kreasinya/ bisnisnya susah berkembang padahal udah usaha banget ? sering mengeluh gak laku? hmm,, buat saya usaha maksimal itu saat saya bahkan ga punya waktu buat mengeluh. di batas maksimal itu, udah gak ada penyesalan en pertanyaan kenapa begini dan kenapa begitu. 

Buat teman2 yang merasa masih pemula, saya sarankan jangan ambil jalan pintas. terkadang gatel ya pengen nanya cara ke yang udah tau, biar cepet. sayangnya cara2 instan gitu bikin teman2 kehilangan "proses" nya, padahal di proses pencarian itu bisa jadi banyak ilmu2 lain yang bisa diserap . belajar yang loncat2, capek lho,, lebih baik ikuti runutannya, berproses, nikmati prosesnya, dijamin jadi gak gampang bosen deh . pelajari skema belajar pendahulu2, tapi jangan jiplak, tahan diri biar otak diasah buat modifikasi. amati-tiru- modifikasi . itu rumus ATM . jangan sampai terjebak di amati-tiru-jiplak sama persis. kalo udah terbiasa  di tahap ATM, perlahan bakal muncul ciri khasnya. 

pesan terakhir saya, dalam berkreasi dan menjual hasil kreasi , jangan terlalu banyak alasan . Gak pake TAPI dan gak pake NANTI

selamat berkreasi ^^


Kamu dapat hubungi Linda Sari di
blog:  blog.ndandut.com 
fanpage:  shop.ndandut.com 
twitter: @ndandutnda 

4 comments:

  1. salut bgt buat mbak linda...sukses selalu mbak :)
    dan saya pun jd ketularan semangatnya :D

    ReplyDelete
  2. big HUG t'ndaa...sukses trooos!!!

    ReplyDelete
  3. Setuju banget dg tips-nyaaa... :))

    ReplyDelete
  4. hai haaaai,, semangat ya mba2,, makasi juga udah baca ^^

    ReplyDelete